susu formula rendah laktosa

Susu Formula Rendah Laktosa, Apa bedanya dengan Susu Biasa?

  • October 8, 2021

Laktosa adalah kandungan gula yang ditemukan secara alami pada produk susu, baik itu pada susu biasa, yogurt, es krim, dan produk susu lainnya. Meskipun susu pada umumnya mengandung laktosa, tapi ada juga beberapa jenis susu formula rendah laktosa yang berbeda dengan susu biasa. 

Beberapa bayi mungkin saja menderita intoleransi laktosa, suatu kondisi yang menyebabkan gangguan pencernaan ketika mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa seperti susu. Bila bayi Anda tidak bisa mengonsumsi susu biasa, maka Anda perlu mencari alternatif susu formula rendah laktosa untuk menggantikannya.

Apa itu susu formula rendah laktosa?

Susu formula diberikan pada bayi sebagai pendamping ASI dan makanan padat lainnya. Susu jenis ini sudah diformulasikan dengan berbagai jenis nutrisi yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh bayi untung mendukung pertumbuhannya. 

Kebanyakan susu formula mengandung laktosa di dalamnya. Bayi yang memiliki kondisi intoleransi lakotsa berpotensi mengalami gangguan pencernaan jika mengonsumsi susu formula biasa. 

Berbeda dengan susu biasa, susu formula rendah laktosa adalah susu formula untuk bayi yang sudah diproduksi secara khusus agar tidak mengandung laktosa dalam jumlah besar. Susu jenis ini dibuat oleh produsen makanan dengan menambahkan laktase.

Kebalikan dari laktosa, laktase adalah enzim yang diproduksi secara khusus oleh produsen susu. Enzim ini bekerja dengan memecahkan laktosa di dalam tubuh, sehingga aman bagi penderita intoleransi laktosa. 

Tidak perlu khawatir dengan rasa dari susu jenis ini. Meskipun tidak mengandung laktosa seperti susu biasa, susu yang rendah akan laktosa tetap memiliki rasa yang sama seperti susu biasa. Bahkan, nutrisi di dalamnya pun juga setara dengan nutrisi pada susu biasa.

Nutrisi di dalam susu rendah laktosa

Seperti yang disebutkan sebelumnya, susu formula rendah laktosa pada dasarnya mengandung nutrisi yang setara dengan nutrisi pada susu biasa. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi: 

  • Kalsium

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kalsium adalah salah satu nutrisi utama yang didapatkan dari susu. Kalsium memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan serta kekuatan otot dan tulang, serta menjaga kesehatan fungsi otak. 

Memberikan susu rendah laktosa tidak akan membuat bayi Anda kekurangan kalsium. Jadi, jika bayi Anda mengalami intoleransi laktosa, tak perlu ragu untuk mengganti susu formula biasa dengan susu formula khusus yang tidak mengandung laktosa. 

  • Vitamin D

Vitamin D jarang ditemukan pada makanan. Biasanya, tubuh akan memproduksi vitamin D setelah mendapatkan paparan sinar matahari. Vitamin D ini memiliki peran penting untuk mendukung tubuh dan tulang agar bisa menyerap kalsium secara maksimal.

Sayangnya, bayi yang masih kecil belum boleh terkena sinar matahari secara langsung. Ini mungkin akan memengaruhi kebutuhan vitamin D bayi Anda. Memberikan susu formula rendah laktosa bisa menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan vitamin D pada bayi Anda. 

  • Protein

Setiap bayi memerlukan asupan protein yang memadai untuk mendukung proses tumbuh dan berkembang. Salah satu sumber protein yang bisa didapat bayi adalah melalui susu formula. 

Karena memiliki nutrisi yang sama seperti susu formula biasa, susu formula yang tidak mengandung laktosa juga kaya akan kandungan protein. Sehingga, saat memberikan susu formula jenis ini, bayi Anda tetap bisa mendapatkan asupan protein yang cukup.

Ketika bayi mengalami intoleransi laktosa, Anda bisa memberikan susu formula rendah laktosa sebagai pengganti susu biasa. Anda bisa membeli berbagai jenis susu formula jenis ini secara bebas. 

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*