Tidak Sulit, Ini Cara Pakai Nebulizer Omron

  • May 18, 2021

Nebulizer merupakan alat yang bisa membantu Anda meredakan berbagai gejala yang berhubungan dengan masalah pernapasan secara lebih cepat. Pasalnya, alat ini mampu mengubah obat berbentuk cairan menjadi uap sehingga lebih mudah dihirup dan langsung mengarah ke paru-paru untuk mengendalikan penyakit yang menimpa. 

Salah satu nebulizer yang direkomendasikan untuk penggunaan pribadi adalah nebulizer Omron. Anda bisa menggunakan nebulizer ini di rumah setiap kali membutuhkannya. Tentu saja cara penggunaan nebulizer Omron juga tidak sulit dan hampir sama dengan nebulizer merek lain, tidak terkecuali yang sering digunakan di rumah sakit. 

Cara penggunaan nebulizer yang tepat tak lain menjadi kunci kebermanfaatan yang optimal. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah penggunaan nebulizer Omron maupun nebulizer lainnya yang sebaiknya Anda terapkan untuk hasil terapi yang optimal. 

Pastikan Peralatan Bersih 

Niat Anda menyelesaikan masalah pernapasan dengan nebulizer Omron akan sia-sia jika Anda tidak memperhatikan kebersihan peralatannya. Peralatan nebulizer yang kotor bisa berbahaya karena dapat membuat kotoran-kotoran tersebut ikut terhirup hingga paru-paru dan membuat gejala masalah pernapasan semakin parah. Jadi, biasakanlah untuk memeriksa terlebih dahulu peralatan nebulizer yang hendak Anda gunakan. Jika didapatkan kotoran, segera bersihkan, baru Anda bisa menggunakannya. 

Cari Permukaan Rata 

Taruhlah nebulizer Omron Anda di tempat yang rata, misalnya di permukaan meja. Ini guna memastikan penghirupan nantinya terjadi secara stabil. Bidang datang yang rata juga penting untuk menaruh nebulizer guna mengurangi risiko tumpahnya obat yang berupa cairan. 

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Obat 

Bukan cuma kebersihan alat yang perlu diperhatikan. Kebersihan tangan Anda pun harus menjadi perhatian untuk melakukan terapi menggunakan nebulizer Omron. Sebaiknya, Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh obat. Lakukan gerakan mencuci tangan secara benar dengan menggunakan air mengalir dan sabun antibakteri untuk memastikan tangan benar-benar steril guna menyentuh obat. 

Lakukan Pengukuran yang Tepat 

Jika Anda perlu mencampurnya, ukur takaran dengan benar baru masukkan ke dalam wadah cangkir nebulizer.Sebaiknya, Anda menggunakan alat pengukur bersih yang terpisah untuk setiap obat yang hendak Anda gunakan dan Anda campurkan. 

Lakukan Penghubungan Antar Bagian 

Obat sudah di wadah? Kini saatnya Anda mulai menghubungan tabung nebulizer ke kompresor dan wadah cairan obat. Setelah itu, jangan lupa memasang corongnya agar siap digunakan. 

Periksa Berkabut atau Tidak 

Apakah langkah selanjutnya adalah langsung memakaikan corong ke mulut? Tunggu dulu, sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu apakah nebulizer yang Anda gunakan berfungsi atau tidak. Salah satu tanda nebulizer berdungsi baik adalah ketikja sakelar dihidupkan, nebulizer akan menghasilkan kabut. Umumnya, kabut tipis datang dari bagian belakang tabung nebulizer.

Letakkan Corong di Mulut 

Jika nebulizer Omron yang Anda gunakan sudah dipastikan berfungsi, kini saatnya Anda meletakkan corong di mulut. Jangan lupa untuk meutup mulut selama proses nebulisasi berlangsung. Anda bisa memasang masker di mulut Anda agar tidak ada celah yang memungkinkan uap dari nebulizer masuk ke saluran mulut. 

Duduk Tegak dan Nyaman 

Proses nebulisasi setidaknya memerlukan waktu sekitar 15 menit. Cukup lama, bukan? Karena alasan inilah, pastikan Anda duduk dengan tegak dan nyaman dari awal terapi dilakukan. 

Tarik dan Tahan Napas 

Saat nebulisasi dilakukan, upayakan menarik napas dalam-dalam dengan perlahan. Jika memungkinkan, tahan setiap napas selama 2 atau 3 detik sebelum menghembuskannya kembali. Ini memungkinkan obat mengendap di saluran udara Anda sehingga peredaan gejala bisa berlangsung lebih cepat.

Istirahat Sejenak 

Jika Anda pusing atau gelisah, hentikan pengobatan. Tidak ada salahnya mengambil istirahat sekitar 5 menit baru kemudian melanjutkan kembali terapi menggunakan nebulizer Omron. 

Jadi, kapan Anda mulai mencoba melakukan terapi menggunakan nebulizer Omron? Jika dalam terapi terdapat keluhan, segeralah berkonsultasi ke dokter.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*