Tips Agar Kesehatan Mulut Selalu Terjaga

  • September 7, 2021

Terus menjaga kesehatan mulut penting dilakukan jika ingin keseluruhan tubuh ikut sehat. Sebab, saat mulut tidak sehat seperti berlubang, karang gigi,  atau masalah gusi, akan ada banyak penyakit yang mudah masuk dalam tubuh dan hal ini tentu sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Agar kesehatan mulut selalu terjaga, ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Mulai dari rutin menggosok gigi, terapkan gaya hidup sehat, hingga periksakan gigi ke dokter secara berkala.

1. Sikat gigi minimal 2x sehari

Mustahil rasanya jika Anda ingin mendapatkan kesehatan mulut yang baik dan tetap terjaga namun Anda tidak rajin menjaga kebersihan gigi. Setidaknya, sikat gigi 2x sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Pastikan juga menyikatnya dengan benar hingga ke sela-sela gigi dari depan hingga belakang dengan gerakan memutar. 

2. Ganti sikat gigi secara berkala

Jangan pernah berharap mendapatkan kondisi mulut yang sehat saat Anda jarang atau bahkan tidak pernah mengganti sikat gigi. Akan lebih baik jika Anda rutin menggantinya tiap tiga bulan sekali dan usahakan ganti juga sikat gigi setelah Anda sakit. 

Terus menggunakan sikat gigi yang sama selama bertahun-tahun hanya akan membuat mulut rentan dimasuki bakteri yang pindah lewat sikat gigi yang tak diganti. Kemudian, sikat gigi tersebut juga lebih susah membersihkan area keseluruhan mulut dengan lebih benar akibat sikatnya yang sudah tidak beraturan.

3. Gunakan obat kumur

Kebanyakan obat kumur memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri  di area mulut. Obat kumur juga dinilai ampuh untuk menyegarkan nafas, membantu mengurangi gigi berulang, hingga mengurangi radang pada gusi yang bermasalah.  Anda dapat menggunakannya 2x sehari setelah menyikat gigi dengan berkumur dengan cairan obat kumur  selama beberapa detik di dalam mulut. 

4. Banyak minum air

Air mempunyai peranan penting bagi kesehatan termasuk kesehatan mulut. Minum air yang cukup setelah makan dinilai mampu menghilangkan efek negatif dari makanan dan minuman yang berpotensi lengket di dalam mulut. Ia mampu menetralkan asam yang bisa jadi penyebab kerusakan gigi jika terus dibiarkan. Selain itu, air juga mampu menjaga jaringan didalam mulut agar tetap lembab dan tidak kering sehingga dapat terhindar dari bau mulut. 

5. Kurangi makanan manis

Makanan manis mampu berubah menjadi asam saat tertinggal didalam mulut. Hal ini kemudian mampu mengikis email gigi yang akhirnya bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang. Maka dari itu, untuk mendapatkan kesehatan gigi yang baik, minimalisir makanan manis dengan cermat. Atau setidaknya, pastikan Anda dapat benar-benar membersihkan keseluruhan gigi dan mulut setelah mengkonsumsi atau meminum minuman manis. 

6. Perhatikan juga kebersihan lidah

Nyatanya, Lidah mampu membuat aroma mulut menjadi kurang sedap saat mengandung banyak bakteri akibat jarang dibersihkan. Saat area lidah dipenuhi oleh bakteri, tak hanya masalah bau mulut yang bisa datang lho namun lidah yang mengandung bakteri juga mampu menimbulkan masalah mulut seperti lidah menghitam, infeksi jamur, hingga penyakit periodontal. 

7. Rutin ke dokter setidaknya 6 bulan sekali

Agar bisa terus menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan, setidaknya Anda harus mengunjungi dokter minimal 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar dokter bisa mengecek kesehatan dan kondisi mulut secara keseluruhan. Jika rutin memeriksakannya, masalah mulut yang terjadi bisa segera ditangani dan tidak akan mengalami keterlambatan penanganan. Contohnya gigi berlubang. Semakin cepat diketahui, semakin mudah penanganan yang dilakukan oleh dokter.

FDC Kalimalang

Salah satu klinik gigi yang menawarkan berbagai perawatan untuk menunjang kesehatan mulut adalah FDC Kalimalang. Telah berdiri puluhan tahun, FDC Kalimalang masih terus jadi klinik gigi terpercaya pilihan masyarakat Indonesia. Berbagai macam perawatan gigi pun tersedia untuk terus mendukung kesehatan gigi Anda dan keluarga diantaranya adalah behel gigi, bleaching, veneer, tambal, perawatan saluran akar, hingga perawatan lainnya. 

FDC Kalimalang terus didukung oleh tim yang profesional di bidangnya serta alat dan peralatan yang berkualitas dan berteknologi tinggi. Segera kunjungi FDC Kalimalang yang beralamat di Jl. Inspeksi Kalimalang no.9 Jakarta Timur agar kesehatan gigi Anda dan keluarga terus terjaga.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*