Tips Mengatasi Kondisi Telapak Kaki Sakit

  • November 2, 2020

Telapak kaki menjadi salah satu bagian kaki yang mudah sekali terasa nyeri. Kondisi telapak kaki sakit jelas tidak menguntungkan Anda sebab akan mengganggu beragam aktivitas yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Kondisi ini umumnya akan lebih terasa ketika Anda baru bangun tidur.

Telapak kaki yang terasa sakit dan nyeri menjadi sulit dihindari karena tuntutan kegiatan Anda. Sehari-hari berjalan dan berkegiatan tentu menjadi beban tersendiri bagi bagian bawah kaki sehingga Anda akhirnya mengalami telapak kaki sakit.

Namun sebenarnya, kondisi ini bisa dengan cepat Anda atasi. Tidak melulu harus ke dokter, berikut ini cara-cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk segera memulihkan kondisi telapak kaki agar bisa segera kembali beraktivitas.

  1. Meninggikan Posisi Kaki

Telapak kaki sakit bisa disebabkan oleh adanya cairan garam yang cukup besar yang menumpuk di bagian bawah kaki Anda. Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasinya. Cobalah untuk melakukan terapi meninggikan kaki setiap hari setidaknya 15—20 menit. Posisikan kaki Anda lebih tinggi dari badan dengan mengangkatnya sejajar dengan dinding atau cukup meletakkan bantal di bagian bawah kaki. Anda bahkan dapat melakukan terapi ini sembari tidur malam agar di pagi hari tidak perlu merasakan telapak kaki sakit.

  • Mengompres dengan Es

Ketika terlalu banyak beraktivitas, akan sangat mudah Anda terserang gejala telapak kaki sakit. Untuk mengatasinya, cobalah ambil beberapa batu es yang diletakkan di botol atau bisa juga Anda menyelimuti batu es tersebut dengan handuk. Gunakan batu es tersebut untuk mengompres bagian telapak kaki yang terasa linu atau nyeri. Mengompres dengan batu es yang dingin dapat mengurangi ketegangan di area tersebut sehingga secara perlahan telapak kaki Anda terasa nyaman kembali.

  • Rutin Melakukan Peregangan

Kondisi kaki yang menegang kerap menjadi sumber utama telapak kaki terasa sakit. Jalan keluarnya agar bisa menghilangkan sekaligus menurunkan frekuensi rasa sakit tersebut adalah sebisa mungkin membuat kaki dalam kondisi rutin. Cobalah mulai sekarang melakukan peregangan secara rutin setiap pagi. Tidak perlu lama-lama, cukup sekitatr 10—15 menit dan Anda dapat merasakan hasilnya.

  • Menurunkan Berat Badan

Orang-orang dengan berat badan berlebih cenderung lebih mudah mengalami telapak kaki sakit. Ini karena berat tubuh yang berlebih menambah beban telapak kaki tiap kali Anda berdiri maupun berjalan. Melakukan diet sehat dan berolahraga secara teratur untuk menurunkan berat badan secara langsung dapat memulihkan kondisi telapak kaki yang kerap terasa nyeri maupun linu.

  • Memilih Cermat Alas Kaki

Tidak jarang masalah telapak kaki sakit disebabkan oleh alas kaki yang digunakan. Penyebab telapak kaki terasa nyeri umumnya karena Anda mengenakan alas kaki yang keras ataupun terlalu sering menggunakan alas kaki beralas sol tinggi alias high heels. Cobalah mulai sekarang Anda memilih lebih cermat alas kaki Anda agar telapak kaki terasa nyaman. Jangan terlalu sering menggunakan high heels. Pilih juga alas kaki yang memiliki bantalan sol lembut agar tidak memberikan tekanan berlebih bagi telapak kaki.

  • Minum Parasetamol

Anda bisa mengatasi masalah telapak kaki sakit dengan mengonsumsi obat yang mudah dibeli di mana saja. Ketika merasakan keluhan di telapak kaki, cobalah mengonsumsi obat jenis parasetamol guna mengurangi rasa sakit. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya. Anda bisa memakai parasetamol untuk memulihkan kondisi telapak kaki jika memang nyeri yang terasa mulai tidak tertahan.

***

Apabila berbagai langkah mengobati telapak kaki sakit sudah Anda lakukan namun tetap tidak menemui rasa nyaman, cobalah untuk berobat ke dokter. Pasalnya, ada beberapa penyakit serius yang memiliki gejala telapak kaki terasa sakit.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*