sanmol sirup

6 Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Anak, Ada Sanmol Sirup

  • July 22, 2021

Anda tentu merasa sedih ketika melihat Si Kecil mengalami sakit gigi. Anak-anak memang rentang mengalami gigi berlubang, sebab enamel gigi susunya cukup lemah dibanding enamel gigi dewasa. Untuk mengatasi hal ini, tentu perlu diobati. Ada beragam obat sakit gigi untuk anak yang bisa didapat di apotek, salah satunya Sanmol Sirup.

Sakit gigi pada anak bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti penumpukan plak, pembusukan gigi, gigi berlubang, hingga makanan yang masuk di sela gigi.

Berikut beberapa obat sakit gigi untuk anak yang aman digunakan.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Anak

  1. Sanmol Sirup

Sanmol sirup memiliki khasiat untuk meredakan demam dan juga rasa nyeri seperti sakit gigi, sakit kepala, dan nyeri tubuh yang lainnya. Obat Sanmol sirup ini mengandung parasetamol sebagai analgetik dan antipiretik. Kandungan ini ampuh menurunkan demam dan mengurangi sakit gigi dan rasa nyeri yang lain.

Berikut berbagai manfaat dari obat Sanmol sirup:

  • Mengobati sakit gigi dan sakit kepala anak
  • Meredakan demam pada anak
  • Meringankan nyeri sendi dan nyeri otot ringan
  • Mengobati nyeri dan demam setelah imunisasi.

Sanmol sirup bisa dikonsumsi oleh anak berusia 0-12 tahun. Setiap usia punya takaran dosis yang berbeda-beda, Anda perlu menyesuaikannya. Bacalah pada label kemasan atau sesuai anjuran dokter.

  1. Naprex Sirup

Obat Naprez sirup juga bisa mengatasi keluhan sakit gigi yang hebat pada anak disertai pembengkakan gusi. Anak yang mengalami sakit gigi memang akan jadi rewel dan susah makan.

Naprex ini mengandung paracetamol yang bisa menurunkan nyeri sakit gigi untuk anak berusia 2-12 tahun. Paracetamol yang terkandung dalam obat ini sebagai analgetik dan antipiretik. Sesuaikan dosis dnegan usia anak ya. Bacalah aturan dosis pada label kemasan atau ikuti petunjuk dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

  1. Proris Sirup

Sebagian besarnya, sakit gigi yang dialami anak-anak disertai dengan pembengkakan di bagian gusi. Hal ini turut membuat nafsu makan anak jadi berkurang. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memberikan Si Kecil Proris sirup.

Obat ini ampuh menurunkan demam dan meredakan nyeri berupa sakit gigi pada anak. Obat Proris ini mengandung ibuprofen yang termasuk obat anti inflamasi non steroid (OAINS atau NSAID) yang berguna sebagai analgesik dan antipiretik.

Obat ini bisa untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam. Proris perlu disediakan di rumah sebagai pertolongan pertama dalam menangani berbagai keluhan anak.

Sama seperti obat lainnya, Anda harus mematuhi aturan pakai dan dosis penggunaan obat ini.

  1. Panadol Sirup

Sebenarnya sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Anak yang mengalami sakit gigi biasanya mengalami berbagai gejala seperti gigi nyeri, pembengkakan gusi, hingga mudah ngiler. 

Jika anak merasakan keluhan dan berbagai gejala tersebut, Anda bisa memberikan obat pereda nyeri sakit gigi yang khusus untuk anak-anak seperti Panadol sirup ini. 

Panadol sirup ini bisa dikonsumsi oleh anak berusia 1-6 tahun. Obat ini mengandung paracetamol yang ampuh meredakan demam dan nyeri sakit gigi. 

  1. Asam Mefenamat

Obat yang dianjurkan untuk mengatasi sakit gigi untuk adalah obat dengan kandungan asam mefenamat. Kandungan ini akan mengurangi rasa nyeri dan peradangan sakit gigi. 

Obat asam mefenamat merupakan golongan obat antin inflamasi non steroid (OAINS). Obat golongan ini berfungsi mengurangi nyeri untuk level ringan hingga sedang. 

Obat asam mefenamat untuk mengatasi sakit gigi tersedia dalam bentuk sirup dan tablet khusus untuk anak. Bisa dikonsumsi setelah makan. 

  1. Cataflam Drops

Obat pereda sakit gigi selanjutnya adalah Cataflam drops. Obat ini masuk dalam golongan obat NSAID. Cataflam drops ini mengandung kalium diklofenac yang mampu mengurangi zat dalam tubuh penyebab peradangan dan pembengkakan gigi. 

Dosis pemberian obat ini perlu disesuaikan dnegan kondisi medis Si Kecil dan memerlukan resep dokter. Selain berbentuk drops, Cataflam juga berbentuk tablet. Anda bisa pilih mana yang lebih mudah dikonsumsi anak.

Itulah 6 rekomendasi obat sakit gigi untuk anak, mulai dari Sanmag sirup hingga Cataflam drops. Jika tak kunjung reda, segeralah bawa anak bertemu dokter agar mendapat penanganan medis. 

Referensi:

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bella-lesmana/daftar-obat-pereda-sakit-gigi-untuk-anak-balita/5
https://toko.sehatq.com/produk/sanmol-sirup-60-ml

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*