Batuk Pada Anak Atasi Dengan Bisolvon Kids

  • July 16, 2021

Batuk pada anak hadir dalam banyak bentuk, namun umumnya jatuh pada dua kategori, yaitu batuk kering dan batuk basah. Kedua jenis tersebut memiliki penyebab dan pilihan perawatan yang berbeda, misalnya batuk berdahak dapat diobati menggunakan Bisolvon Kids. Karena perbedaan penyebab dan pilihan perawatan, sangat penting bagi setiap orang tua untuk mengenal faktor-faktor yang membedakan kedua batuk tersebut saat anak sakit. Artikel ini akan membahas seputar batuk basah dan batuk kering pada anak-anak. 

Bisolvon Kids Sirup Rasa Strawberry - 125 mL harga terbaik 40033

Apa yang membedakan batuk basah dan batuk kering?

Batuk basah, juga dikenal dengan sebutan batuk berdahak atau batuk produktif, melibatkan adanya lendir atau dahak di saluran pernapasan Anda. Dahak tersebut berasal dari saluran pernapasan, dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri seperti influenza, common cold, ataupun pneumonia. Bisolvon Kids merupakan salah satu obat OTC atau over the counter yang biasa digunakan untuk jenis batuk ini. Gejala lain dari batuk basah di antaranya adalah hidung yang meler, nyeri tenggorokan, dan kelelahan. Anak Anda juga bisa menderita postnasal drip, yang terasa seperti lendir mengalir ke tenggorokan atau dada. 

Di sisi lain, batuk kering, juga dikenal dengan sebutan batuk tidak produktif, tidak memproduksi dahak atau lendir apapun. Karakteristik dari batuk jenis ini di antaranya adalah rasa gatal di tenggorokan dan suara yang serak. Batuk kering biasanya disebabkan oleh iritasi dari saluran pernapasan atas, baik disebabkan karena kondisi sementara seperti iritan lingkungan dan alergi, atau karena kondisi kronis seperti GERD dan asma. Anak-anak juga bisa menderita batuk kering dari residu lendir setelah mereka sakit demam atau flu, dengan kondisi ini dapat bertahan selama beberapa minggu. 

Perawatan

Perawatan untuk batuk basah ataupun kering tergantung pada apa yang menyebabkan kondisi ini pada anak. Analisa batuk anak untuk menentukan jenis dan alasan di balik batuk tersebut. Jika anak menderita batuk basah, obat seperti Bisolvon Kids dapat digunakan untuk meredakan gejala batuk yang diderita. Kunjungi dokter anak apabila Anda tidak yakin dengan kondisinya, atau anak memiliki gejala yang mengkhawatirkan. Penting untuk diingat bahwa Anda tidak boleh memberikan supresan batuk atau sirup batuk pada balita, tidak peduli apakah mereka memiliki batuk kering ataupun basah. Akademi Pediatri Amerika menyatakan bahwa akan ada konsekuensi berbahaya untuk anak-anak berusia di bawah 4 tahun. Selain itu, tidak ada bukti bahwa obat jenis ini efektif untuk anak-anak berusia di bawah 6 tahun. 

Batuk basah dapat bertahan selama beberapa hari atau minggu, selama tubuh anak Anda melawan virus yang menyerang. Ada pula kemungkinan batuk basah berubah menjadi batuk kering pada saat anak Anda mulai pulih. Selain menggunakan Bisolvon Kids, beberapa cara dalam meredakan batuk untuk anak diantaranya adalah dengan membersihkan lendir di saluran pernapasan anak. Ini disebabkan karena anak biasanya merasa tidak nyaman akibat batuk basah yang dideritanya namun tidak dapat mengeluarkannya dari saluran pernapasan seorang diri. Oleh karena itu, gunakan alat seperti bulb syringe dan saline nasal drop untuk membersihkan lendir tersebut. Anda juga bisa mengangkat tempat tidur bayi atau memberi tambahan bantal. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dapat mengurangi postnasal drip, yang mana sangat membantu mencegah batuk dan iritasi tenggorokan. Anda juga bisa meletakkan humidifier di ruang anak. Kelembapan dapat menjaga tenggorokan lembap dan mengencerkan dahak, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*