6 Jenis Bodyweight Training untuk Bugar dari Rumah

6 Jenis Bodyweight Training untuk Bugar dari Rumah

  • July 22, 2021

Di rumah saja bukan berarti Anda tidak bisa melakukan olahraga yang bertujuan memperkuat otot dan mempertahankan kebugaran. Anda masih bisa melakukannya dengan memilih gerakan-gerakan bodyweight training. 

Bodyweight training merupakan gerakan-gerakan yang melatih kekuatan otot di tubuh dengan memanfaatkan berat badan sendiri. Jadi, ketika Anda memilih jenis latihan ini untuk berolahraga, Anda bisa melakukannya di manapun tanpa bantuan alat apapun. Manfaat dari latihan yang menggunakan berat tubuh ini sangatlah banyak, mulai dari membuat lebih bugar, gerak menjadi lebih leluasa, sampai menyehatkan jantung

Banyak jenis gerakan bodyweight training yang bisa Anda lakukan untuk memulai pola hidup yang lebih sehat, meskipun di rumah saja. Berikut ini adalah beberapa inspirasinya. 

6 Pilihan Bodyweight Training di Rumah

Push-up 

Tentu Anda sudah tidak asing dengan gerakan bodyweight training yang satu ini. Soalnya, push-up merupakan gerakan bodyweight training yang paling umum dilakukan. Anda hanya perlu mengambil posisi tengkurap di lantai, kemudian taruh tangan di samping bahu. Sementara itu, posisi kaki harus lurus. Cobalah angkat badan Anda dengan mengandalkan kekuatan lengan. Upayakan kaki ikut menahan beban sampai hanya bertumpu pada ibu jari kaki. Setelah berhasil terangkat, turunkan badan dan ulangi upaya pengangkatan. 

Planks 

Anda cukup memosisikan badan seperti hendak push-up ketika melakukan planks. Hanya saja, posisi tangannya berbeda. Bukan bertumpu pada telapak tangan, mengangkat tubuh dengan gerakan planks artinya Anda menopang tubuh bagian atas menggunakan kekuatan siku. Sementara itu, posisi kaki sama seperti saat sedang push-up. Hadapkan wajah ke bagian bawah atau lantai agar lebih rileks. 

Squat 

Gerakan bodyweight training yang satu ini sangat mampu melatih lutut, paha sampai bokong Anda. Gerakannya sederhana. Pada langkah awal, Anda hanya perlu berdiri tegak dengan posisi kaki dibuka sejajar bahu. Kemudian, tekuk lutut hingga menyerupai orang sedang duduk, tapi tanpa kursi atau sandaran. Luruskan tangan ke depan dan tahan posisi tersebut dalam beberapa detik. Setelah itu, kembalilah berdiri dengan perlahan untuk mengulangi gerakan dari awal. 

Jumping Jacks

Jumping jacks merupakan gerakan bodyweight training yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Cara melakukannya mudah. Awalnya, berdirilah dengan tegak dengan posisi tangan berada di samping badan. Lalu, melompatlah dengan tinggi sambil membuka kaki hingga selebar bahu. Pada saat meloncat, tarik kedua tangan sampai ke atas kepala. Kemudian pada saat turun, pastikan posisi kaki rapat dan tangan sudah kembali ke sisi badan. Lakukan gerakan ini berulang-ulang. 

Shoulder Bridge 

Gerakan ini mungkin terdengar asing untuk Anda. Padahal, shoulder bridge termasuk gerakan bodyweight training yang sangat mudah dilakukan. Pertama-tama, berbaringnya secara telentang dengan posisi lutut ditekuk dan kaki dibuka selebar pinggul. Sementara itu, posisi tangan ada di samping tubuh. Mulailah untuk mengangkat tubuh dari bagian pinggul sampai tulang belakang. Hanya kepala, kaki, lengan, dan bahu Anda yang boleh tetap menyentuh lantai. Baru setelah itu, angkat satu kaki ke atas, lalu turunkan secara perlahan. Repitisikan pengangkatan kaki ini minimal 10 kali, barulah Anda bisa menurunkan posisi tubuh kembali. 

Lunge 

Jangan melupakan gerakan lunge ketika melakukan bodyweight training di rumah. Posisi awal untuk melakukan lunge adalah berdiri dengan posisi tengah, kemudian memajukan satu kaki ke depan sampai membentuk sudut siku-siku. Sementara itu, kaki yang satunya harus dalam posisi lurus. Pastikan badan Anda tetap tegak dalam posisi tersebut. Tahan dalam beberapa detik posisi Anda, kemudian berdirilah tegak kembali. Ulangi gerakan dengan mengganti posisi kaki, yang tadinya di depan menjadi di belakang dan sebaliknya. 

*** 

Tidak sulit melakukan bodyweight training di rumah. Cukup latihan sekitar 30 menit tiap hari dan Anda bisa merasakan manfaatnya yang luar biasa.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*