cuka apel

Ketahui Berbagai Macam Manfaat Cuka Apel Tahesta

  • July 30, 2021

Buah apel terkenal dengan berbagai macam manfaatnya bagi kesehatan, tidak terkecuali sarinya yang diolah menjadi cuka apel. Anda bisa mendapatkan berbagai manfaatnya dengan mengonsumsi Cuka Apel Tahesta

Cuka apel dibuat dari apel yang dihaluskan dan kemudian diperas untuk mendapatkan cairannya. Cairan tersebut kemudian akan difermentasi dengan ditambahkan dengan bakteri, ragi, dan gula. Fermentasi ini akan mengubah cairan apel menjadi alkohol dan dilanjutkan fermentasi kedua dimana alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri yang membentuk asam asetat.

Kandungan cuka apel yang memiliki manfaat bagi tubuh diantaranya adalah antioksidan, asam amino, dan potasium.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan cuka apel memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya seperti:

  • Menurunkan berat badan

Cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mencampurkan 2 hingga 4 sendok makan cuka apel dengan air putih dan dikonsumsi secara rutin setiap hari. Setelah mengonsumsi cuka apel, Anda akan lebih cepat kenyang sehingga membantu untuk makan lebih sedikit kalori.

  • Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang cukup tinggi dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari diabetes, serangan jantung, kebutaan, stroke, hingga gagal ginjal. Cuka apel ini dapat membantu Anda untuk mengontrol kadar gula dalam darah dengan mengonsumsinya sebelum makan sebanyak 2 sendok teh yang dicampur air.

  • Membunuh kuman pada makanan

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang mampu membuat makanan lebih higienis. Caranya adalah dengan mematikan kuman berbahaya pada makanan dan mencegahnya berkembang biak. Untuk membunuh kuman pada makanan, Anda bisa mengonsumsi cuka apel bersamaan dengan sayuran mentah seperti salah dan lalapan.

  • Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat cuka apel selanjutnya adalah dapat mengatasi sakit pada tenggorokan. Hal ini dapat terjadi karena cuka apel dapat menghilangkan kuman sehingga mencegah munculnya infeksi.

  • Mengatasi masalah perut

Cuka apel telah lama dikenal mampu mengatasi masalah pada perut, terutama jika Anda mengalami diare dan infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki sifat antibiotik. Anda dapat meminum campuran cuka apel dan air untuk mengatasi masalah pada perut.

  • Mengatasi bau mulut

Bau mulut kerap kali menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Jika Anda telah mencuci dan sikat gigi namun tidak berhasil mengurangi bau mulut, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan baunya.

Campurkan cuka apel bersama air dan berkumurlah dengan cairan tersebut. Cuka apel memiliki sifat antijamur dan bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Cara Mendapatkan Manfaat Cuka Apel

Untuk mendapatkan berbagai manfaat cuka apel, Anda dapat mengonsumsi Cuka Apel Tahesta. Anda tidak perlu khawatir karena cuka apel ini telah bersertifikat halal dan mengandung fermentasi apel jenis Anna. 

Cuka Apel Tahesta memiliki berbagai manfaat, diantaranya:

  • Menghindari diare, sembelit, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya
  • Menyerap kelebihan lemak
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mencegah gangguan jantung
  • Membantu proses pembuangan zat beracun di dalam tubuh

Produk ini memiliki kandungan air, buah apel, gula, dan ragi. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau dicampur dengan pemanis seperti gula, sirup, atau madu.

Cuka Apel Tahesta dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Dosis yang disarankan untuk anak-anak adalah 10 ml sebanyak 2 kali/hari. Sedangkan orang dewasa, dapat mengonsumsinya sebanyak 30 ml sebanyak 3 kali/hari.

Walaupun Cuka Apel Tahesta memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, Anda tetap perlu menyeimbangkannya dengan pola makan yang sehat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat dengan gizi seimbang.

Referensi:

https://toko.sehatq.com/produk/cuka-apel-tahesta-300-ml diakses 17 Juli 2021

https://www.sehatq.com/artikel/berbagai-manfaat-cuka-apel-untuk-kesehatan-tubuh diakses 17 Juli 2021

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-cuka-apel/ diakses 17 Juli 2021

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*