Obat Nyeri Otot, Kapan Perlu Menggunakannya?

  • April 30, 2021

Nyeri yang terasa pada tulang dan otot bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Rasa nyeri ini bahkan juga bisa menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Untuk meredakannya, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat nyeri otot secara khusus.

Ada banyak jenis obat untuk nyeri otot yang bisa Anda gunakan. Pemakaiannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sesuaikan jenis obat dengan kondisi nyeri otot yang Anda alami.

Bila Anda tidak tahu secara pasti apa yang menyebabkan nyeri otot Anda, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Dokter bisa membantu mendeteksi penyebab nyeri otot. Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan jenis obat yang paling sesuai untuk kondisi Anda. 

Kapan perlu menggunakan obat nyeri otot?

Merasakan nyeri pada otot tidak serta merta membuat Anda harus langsung mengonsumsi obat. Karena, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab serta tingkat keparahan gejala Anda. 

Setelah itu, barulah Anda bisa mengetahui apa jenis obat yang perlu Anda gunakan. Untuk langkah pertama, cobalah kenali dulu apa gejala dari nyeri otot, meliputi:

  • Otot kaku dan lemah
  • Demam tinggi
  • Muncul ruam di kulit sekitar otot
  • Pusing
  • Sulit bernapas
  • Mengalami tanda-tanda infeksi seperti kemerahan dan bengkak

Gejala di atas dapat terjadi dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Untuk gejala demam tinggi dan kesulitan bernapas, Anda perlu segera mendapatkan pertolongan darurat dengan cepat. Karena jika tidak, maka dampaknya akan fatal.

Tanda-tanda nyeri otot pada setiap penderita mungkin berbeda-beda. Rasa nyeri yang timbul disesuaikan dengan faktor penyebab yang memicunya, serta area otot yang terkena. 

Anda bisa menggunakan obat nyeri otot jika sudah merasakan gejala-gejala atau tanda-tanda nyeri otot seperti yang disebutkan di atas. Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa mengonsultasikan gejala Anda terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat. 

Apa yang menyebabkan nyeri otot?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemberian obat juga akan disesuaikan dengan faktor yang mendasari kemunculan rasa nyeri. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan nyeri pada otot, seperti:

  • Dehidrasi

Dehidrasi terjadi saat tubuh Anda kekurangan cairan. Ini juga akan menimbulkan gejala berupa nyeri otot yang parah.

Pada dasarnya, tubuh Anda sangat memerlukan asupan cairan yang cukup. Saat tubuh kekurangan cairan dan menjadi dehidrasi, akan ada banyak fungsi tubuh yang tidak bekerja dengan baik. Salah satunya masalah pernapasan dan pencernaan. 

  • Kurang tidur

Sadarkah Anda bahwa nyeri otot menjadi semakin parah saat Anda kurang tidur? Hal ini bisa terjadi karena tidur membantu tubuh Anda untuk beristirahat, sekaligus mengumpukan kembali energi. Istirahat yang cukup juga akan memelihara ketahanan otot Anda.

Karena itu, Anda mungkin akan memerlukan obat nyeri otot juga sering kurang tidur. Kualitas tidur yang buruk akan membuat Anda merasa lebih lesu dan lambat. Anda akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, terlebih lagi karena nyeri otot. 

Dalam beberapa kasus, rasa nyeri bisa juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya yang lebih parah. Misalnya jika Anda menderita penyakit autoimun atau penyakit genetik seperti multiple sclerosis.

Bila rasa nyeri disebabkan oleh kondisi medis lain, maka pengobatan akan difokuskan pada kondisi medis tersebut. Setelah kondisi tersebut diatasi, barulah rasa nyeri bisa hilang.

Anda bisa berkonsultasi pada dokter mengenai penggunaan obat nyeri otot sebagai upaya mengatasi gejala nyeri. Beberapa jenis obat bisa dibeli secara bebas, namun ada juga yang memerlukan resep dokter.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*