9 Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil yang Aman Dilakukan

9 Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil yang Aman Dilakukan

  • June 22, 2021

Masa kehamilan memang menjadi momen yang membahagiakan, namun juga sering membingungkan, khususnya soal kesehatan kulit wajah. Perawatan wajah untuk ibu hamil memang perlu diperhatikan dengan seksama dan tidak boleh dilakukan sembarangan.

Adanya perubahan hormon di masa kehamilan memang kerap kali menyebabkan munculnya masalah kulit. Akan tetapi, Anda tentu tidak bisa menggunakan sembarang produk atau prosedur perawatan wajah.

Perawatan Wajah bagi Ibu Hamil yang Aman

  1. Bersihkan wajah dengan rutin

Membersihkan wajah memang perlu dan wajib dilakukan, tidak hanya oleh ibu hamil tapi juga oleh semua orang. Hanya saja, produk yang digunakan untuk membersihkan wajah ini mengandung pelembap yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, seperti paraben, SLS, hingga alkohol.

Sebaiknya, bersihkan wajah dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Jangan lebih dari itu, karena justru akan membuat kulit jadi terlalu kering. 

  1. Mengoleskan pelembap

Setelah membersihkan wajah, ibu hamil bisa mengoleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Oleskan moisturizer ini di area pipi, lanjut ke atas dahi, lakukan dengan gerakan memijat. 

Gunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid, gliserin, dan bahan-bahan alami lainnya, seperti shea butter.

  1. Menggunakan sunscreen

Tabir surya atau sunscreen juga termasuk salah satu perawatan wajah untuk ibu hamil yang diperbolehkan. Penggunaan sunscreen boleh digunakan terus secara rutin. 

Apalagi di masa kehamilan, perubahan hormon dapat memicu terjadinya penggandaan sel pigmen sehingga membuat wajah jadi kusam dan muncul noda hitam di wajah.

Penggunaan tabir surya bisa mencegah terjadinya perubahan warna kulit. Sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide. Sebab kandungan ini tidak bisa menyerap langsung ke dalam kulit. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan di pagi maupun siang hari.

  1. Dilarang memecahkan jerawat

Jika muncul jerawat, jangan dipecahkan. Ini perlu dipatuhi karena bisa membuat jerawat semakin meradang atau mungkin mengalami infeksi. Alih-alih sembuh, jerawat justru semakin parah kondisinya. Bahkan meninggalkan bekas jerawat kehitaman yang sulit hilang. Jadi, jangan pecahkan jika ada jerawat yang muncul, ya.

  1. Gunakan obat jerawat yang aman

Jangan memencet jerawat bila muncul di wajah. Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan obat jerawat. 

Jerawat biasanya memang jadi masalah kulit yang dialami oleh ibu hamil sejak trimester awal.

Anda bisa menggunakan obat jerawat yang mengandung glycolic acid, AHA, erythromycin topikal (dengan resep dokter), dan azelaic acid. Bahkan ada pula ahli dermatologi yang menyebut obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida masih tergolong aman digunakan. 

Meski begitu, setiap produk kecantikan yang akan digunakan, wajib berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter kulit terlebih dahulu. 

Kandungan obat jerawat yang harus dihindari adalah retinoid serta senyawa kimia turunan vitamin A lainnya. Sebab, retinoid yang digunakan dalam dosis tertentu bisa menyebabkan risiko bayi cacat lahir.

  1. Pilih produk yang bebas minyak dan noncomedogenic

Produk perawatan wajah untuk ibu hamil memang perlu diperhatikan. Pilihlah produk perawatan wajah, mulai dari sabun pembersih hingga moisturizer yang mengandung noncomedogenic dan bebas minyak. 

Produk yang bebas minyak dan noncomedogenic ini tidak rentan menyumbat pori-pori, sehingga bisa meminimalisir munculnya jerawat. 

  1. Minum air putih yang cukup

Konsumsi air putih dengan cukup untuk mencegah dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat kulit juga bermasalah, seperti terasa kering, kasar, dan bersisik saat digaruk. Sehingga, mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membuat Anda terus terhidrasi. Selain baik buat kulit, minum air putih yang cukup juga bisa membantu kesehatan ibu hamil dan terhindar dari keluhan yang muncul saat masa kehamilan.

  1. Mengendalikan stres

Stres yang tidak terkendali juga akan memengaruhi kesehatan kulit, membuatnya jadi lebih sensitif, memicu timbulnya jerawat, dan masalah lainnya. 

Jadi, mengendalikan stres juga termasuk perawatan kulit wajah di masa kehamilan. 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan stres, seperti menonton film yang Anda sukai, melakukan hal-hal yang membuat Anda senang, dan melakukan hal lainnya.

  1. Tidur yang cukup

Perawatan wajah untuk ibu hamil tidak hanya berupa treatment kecantikan saja, tapi juga bagaimana Anda mengatur pola hidup sehari-hari. Tidur yang cukup bisa mendukung kesehatan kulit wajah, lho. Waktu tidur yang cukup akan menghilangkan lingkarang hitam di bawah mata, meningkatkan warna kulit hingga jadi lebih cerah, serta membantu memproduksi kolagen baru untuk mencegah kulit kendur. 

Itulah beberapa perawatan wajah untuk ibu hamil yang bisa Anda lakukan dan cenderung aman. Penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum menggunakan produk perawatan wajah apapun.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*