10 Alasan untuk Mempertimbangkan Personal trainer

10 Alasan untuk Mempertimbangkan Personal trainer

  • October 22, 2021

Olahraga atau latihan kebugaran merupakan gaya hidup sehat yang bisa menjadi pilihan. Ini bisa dilakukan sendiri maupun bersama dengan orang lain atau mungkin personal trainer. Kehadiran personal trainer bisa memotivasi latihan atau olahraga yang dilakukan untuk mencapai hasil yang lebih maksimal atau setidaknya mengurangi rasa malas yang menjadi penghalang besar. 

Untuk Anda yang sungguh-sungguh ingin memiliki tubuh sehat dan mencapai body goals, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan personal trainer. Anda bisa menyesuaikannya dengan tujuan dan budget Anda. Dan pasti memilih yang sudah bersertifikat dan sesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. 

Alasan mengapa harus berolahraga bersama personal trainer

Berikut ada 10 alasan untuk mempertimbangkan menyewa personal trainer

1. Tidak melihat hasil dalam rutinitas latihan harian

Anda secara konsisten melakukan olahraga selama beberapa minggu atau bulan tapi tidak melihat hasil yang diinginkan? Nah, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menyewa personal trainer. Pelatih akan membantu Anda untuk mengevaluasi program yang dilakukan saat ini, membantu dalam menetapkan tujuan, memotivasi, dan mendorong Anda sedikit lebih keras untuk mencapai tujuan.

2. Anda tidak tahu harus mulai dari mana

Bagi Anda baru berolahraga, Anda mungkin tidak menyadari betapa rumitnya itu dan bingung harus memulai dari mana. Pengetahuan kita pun terbatas, untuk itu personal trainer bisa hadir untuk membimbing kita memulai latihan yang akan dilakukan. 

Personal trainer mengetahui segala sesuatu yang akan dimasukkan ke dalam program, termasuk kardio, latihan beban, dan pelatihan fleksibilitas. Seorang personal trainer dapat membantu Anda dengan dasar-dasarnya. 

Latihan mungkin akan dilakukan berdasarkan prinsip FITT (Frequency, Intensity, Time, dan Type). Prinsip tersebut meliputi jadwal latihan, tipe atau jenis latihan, hingga alat-alat yang akan digunakan serta disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. 

3. Anda bosan dengan latihan lama yang sama

Personal trainer akan membantu Anda untuk memilihkan variasi dalam latihan dan membuat Anda menjadi tidak bosan dengan jenis latihan yang sama. Mengutip dari Very Well Fit, melakukan latihan yang sama berulang-ulang tidak hanya membosankan tetapi juga dapat menyebabkan penurunan berat badan, cedera berlebihan, dan kelelahan. 

Personal trainer yang paham tentang olahraga, akan membantu Anda untuk memberi perspektif atau pandangan yang segar tentang jenis latihan lain, menantang Anda dan memberi masukan untuk area yang bisa Anda tingkatkan, serta memberi ide dan peralatan baru untuk berbagai jenis latihan yang berbeda.

4. Anda perlu ditantang

Anda mungkin sudah merasa pandai dengan suatu olahraga, namun merasa kurang dan ingin tantangan. Personal trainer bisa membantu Anda untuk mendorong batas Anda lebih lagi dengan memberikan pilihan beban atau tantangan yang tepat yang lebih menantang. 

Ia juga bisa menjadi mitra latihan Anda, untuk menambahkan elemen kompetitif dalam latihan Anda dan memiliki orang lain yang bisa memotivasi atau menantang Anda mengeluarkan kekuatan tersembunyi Anda. 

5. Anda ingin belajar cara berolahraga sendiri

Anda baru mau memulai latihan dan ingin berolahraga sendiri, ini tidak masalah, tapi akan lebih baik mempertimbangkan untuk menyewa personal trainer di awal program latihan Anda. Mereka bisa memberikan banyak tips yang menguntungkan bagi Anda dan Anda hanya perlu bersamanya dalam batas waktu tertentu saja.

Kehadiran personal trainer di awal latihan bisa membantu Anda untuk: 

  • Memberitahu latihan yang ditargetkan, misalnya latihan menargetkan otot tertentu yang tepat untuk Anda
  • Menunjukkan teknik yang tepat agar menghindari cedera dan memastikan setiap gerakan dilakukan dengan benar dan aman
  • Mereka dapat membuat berbagai latihan untuk Anda terus lakukan ketika Anda siap untuk berolahraga sendiri
  • Mengajarkan Anda tentang otot serta cara kerjanya
  • Memberikan dukungan latihan, bahkan mungkin saat mereka tidak lagi bekerja untuk Anda

6. Anda membutuhkan akuntabilitas dan motivasi

Motivasi datang dari internal maupun eksternal. Jika motivasi secara intrinsik sudah didapat, motivasi ekstrinsik bisa membantu Anda terdorong lebih lagi. Personal trainer dapat menjadi motivator ekstrinsik Anda untuk terus berolahraga. 

Mereka bisa menghadirkan akuntabilitas dengan menanyakan bagaimana latihan Anda dan membuat Anda harus melaporkan latihan harian Anda sehingga mengurangi “cheating day” atau melewatkan latihan. 

Mereka juga bisa meningkatkan komitmen Anda, berpikir untuk tidak membuang waktu dan uang yang telah Anda investasikan untuk mencapai tujuan Anda. 

7. Memiliki penyakit, cedera, atau kondisi kesehatan tertentu

Anda ingin atau disarankan berolahraga oleh dokter Anda, tetapi memiliki kondisi atau penyakit tertentu dan bingung cara melakukannya? Inilah salah satu alasan yang bisa dipertimbangkan untuk mempersilahkan personal trainer membantu Anda.

Anda bisa memilih pelatih yang memiliki spesialisasi khusus untuk bekerja dengan klien yang memiliki kebutuhan khusus. Mereka mengetahui dengan benar kondisi Anda dan bisa merancangkan atau membuatkan program yang cocok untuk Anda tanpa risiko lahirnya cedera baru, cedera ulang atau cedera lama. 

Pilih personal trainer yang berpengalaman dengan kondisi Anda, bicarakan juga dengan dokter dan ahli terapi fisik Anda jika Anda memilikinya. Dan pastikan bahwa Anda Sudha diizinkan dokter untuk berolahraga. 

8. Anda berlatih untuk olahraga atau acara tertentu

jika Anda menyukai olahraga tertentu atau sedang berlatih untuk acara mendatang, personal trainer bisa sangat membantu Anda. Mereka dapat meningkatkan permainan Anda. Pastikan mereka memiliki pendidikan khusus di bidang olahraga tertentu. 

Mereka akan membantu Anda melakukan latihan untuk memperkuat area yang perlu Anda kerjakan sambil menghindari melakukannya secara berlebihan, membantu membuat jadwal yang baik, serta membantu dalam latihan silang untuk menghindari cedera. 

9. Anda ingin dukungan dan pengawasan selama latihan

Bahkan jika Anda tahu cara berolahraga dan melakukannya dengan benar, Anda mungkin ingin memiliki pelatih untuk dukungan dan pengawasan. Seorang personal trainer dapat membantu Anda dengan menjadi teman latihan, menjaga Anda pada jalan karna Anda tahu mereka mengawasi, memotivasi, serta menjaga Anda selama Anda latihan agar tetap aman. 

10. Anda Ingin Berolahraga di Rumah

Anda ingin berolahraga di rumah tetapi tidak memiliki banyak peralatan atau tidak yakin bagaimana menggunakan apa yang Anda miliki, personal trainer lagi-lagi berperan untuk itu. Cari pelatih di daerah Anda yang menawarkan kebutuhan tersebut.

Mereka akan membawakan alat-alat yang tepat untuk program latihan Anda, atau memberi rekomendasi mengenai peralatan olahraga rumahan dan cara menggunakannya untuk mencapai tujuan Anda.

Ini juga akan membuat Anda lebih nyaman, percaya diri, dan tidak bosan karena adanya variasi latihan.

Personal trainer akan membantu Anda dalam banyak hal dalam latihan atau olahraga Anda. Alasan di atas bisa menjadi pertimbangan untuk mempekerjakan pelatih olahraga. Pastikan Anda mendapat pelatih yang baik, memperhatikan, dan membawa kemajuan untuk Anda. Temukan lebih banyak informasi mengenai tips olahraga lainnya di website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang aplikasinya di App Store atau Play Store.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*